Destinasi

5 Tempat Wisata di Pulau Bintan Kepulauan Riau Yang di Buruh Wisatawan

5 Tempat Wisata di Pulau Bintan Kepulauan Riau Yang di Buruh Wisatawan

Pulau Bintan adalah salah satu pulau yang ada di Kepulauan Riau. Pulau ini sangat terkenal di kalangan wisatawan karena memiliki beragam tempat wisata yang eksotis dan memiliki fasilitas yang memadai. Tak jarang pulau ini sering dijadikan sebagai tempat liburan atau bulan madu oleh wisatawan mancanegara. Lokasinya yang cukup dekat dengan Singapura membuat pulau ini mudah untuk dilintasi baik dengan menggunakan perahu maupun perahu sederhana. Namun selain menawarkan fasilitas mewah seperti resort atau hotel, Pulau Bintan juga memiliki beragam tempat wisata alam yang masih sangat alami dan bebas polusi. Jika ingin berlibur ke Pulau Bintan, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Pulau Bintan berikut ini.

1. Gurun Busung

Tempat wisata yang satu ini memang sedang menjadi trend di kalangan wisatawan karena tempatnya seperti gurun pasir di Afrika. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati gurun sambil berswafoto untuk diunggah ke Instagram karena hasilnya bakal hits banget. Tempat wisata yang terletak di Busung, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan ini dulunya merupakan penambangan bauksit, namun setelah ditinggalkan menjadi tempat yang menarik.

Ada berbagai gunung pasir yang bisa kamu daki atau sekedar dijadikan background dalam selfie kamu. Meski tempat ini terbilang hits, namun pemerintah setempat belum mengembangkan tempat ini menjadi tempat wisata sehingga belum banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Untuk menuju tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dan Anda akan menemukan tempat ini di pinggir jalan raya. Karena belum ada yang mengembangkan tempat ini, maka dipastikan wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk untuk menikmati keindahan alam ini.

Baca Juga:  15 Kota Kecil di Kroasia yang Paling Menawan

2. Telaga Biru Bintan, Kawal

Jika anda berkunjung ke Bintan, anda bisa mengunjungi tempat ini untuk menikmati keindahan air danau yang biru. Bahkan warna biru telaga jauh lebih menarik dibandingkan warna biru lautan di sekitar Bintan. Danau yang dikelilingi tebing putih dan bukit pasir menambah indahnya pemandangan di Danau Biru Kawal.

Sebenarnya telaga ini merupakan telaga buatan yang tercipta karena penggalian tambang yang masih ada. Perlu anda ketahui, tempat ini masih sangat sepi karena pada dasarnya tempat ini bukanlah tempat wisata sehingga banyak wisatawan yang belum mengetahui tempat ini. Saat berada di sini, Anda akan merasa tenang karena pemandangan yang indah dan suasana yang sepi.

3. Rumah Arang

Saat berkunjung ke tempat ini, Anda mungkin akan terkejut karena terdapat bangunan yang sangat mirip dengan iglo atau rumah kubah yang terbuat dari es. Rumah Arang ini memang bukan terbuat dari es, melainkan dari struktur batu bata yang bentuk bangunannya sangat mirip dengan igloo. Tempat ini juga bukan merupakan tempat wisata yang di kelola sehingga anda bisa dengan leluasa keluar masuk tempat ini tanpa dipungut biaya walaupun bukan tempat wisata, namun pemandangan dari bangunan ini cukup unik. Anda bisa berswafoto dengan latar gedung Charcoal House.

Rumah Arang ini dulunya merupakan bangunan yang digunakan oleh masyarakat Suku Laut untuk membakar mangrove dan menjadi arang. Sejak pemerintah melarangnya, kompor raksasa ini tidak lagi digunakan dan ditinggalkan. Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, silahkan datang ke Desa Kuala Sempang, Kecamatan Busung, Bintan, Kepulauan Riau. Jangan lupa persiapkan memori yang cukup untuk menyimpan file foto karena tidak akan cukup jika sesekali berfoto di tempat ini.

Baca Juga:  7 Tempat Wisata Alam di Bondowoso dengan Pemandangan yang Menakjubkan

4. Pulau Pasir Putih

Jika Anda ingin menikmati liburan di pulau pribadi, White Sands Island adalah tempat yang sangat cocok untuk Anda. Pulau ini adalah surga kecil yang tersembunyi di Kepulauan Riau. Saat kamu berkunjung kesini, kamu akan disuguhkan dengan private island yang masih sangat alami. Anda bisa menikmati keindahan pantai pasir putih yang tenang, snorkeling bersama ikan-ikan cantik, atau berperahu keliling pulau.

Dengan biaya sekitar 200.000 rupiah, Anda sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada di White Sands Island. Menikmati sunset di pinggir pantai sambil ditemani minuman dingin yang dipesan di bar akan membuat hidup Anda terasa sempurna. Selain bisa menikmati keindahan pemandangan, wisatawan yang berlibur di pulau ini juga bisa melepasliarkan bayi penyu ke laut bebas yang telah diternakkan. Kunjungi pulau ini saat musim menetas tiba agar Anda bisa mengikuti pelepasan penyu ke laut.

5. Pantai Trikora

Pantai Trikora merupakan salah satu primadona di Bintan dengan mata yang menyejukkan. Pantainya yang berwarna hijau tosca dengan pasir putih yang bersih akan membuat Anda betah berlama-lama. Pantai ini pernah menjadi tempat wisata di Bintan yang sangat populer. Namun semenjak dibangunnya resort-resort mewah di Bintan, popularitas pantai ini berangsur-angsur tergerus oleh kemewahan resort-resort disana.

Pantai ini merupakan gabungan dari 4 pantai, satu, dua, tiga dan empat pantai. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah saat musim kemarau karena airnya akan sangat jernih sehingga cocok untuk snorkeling. Di pantai ini juga terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuman segar agar tidak kelaparan saat berkunjung ke pantai ini.

Baca Juga:  Monumen Terkenal Turki

Nah, itulah daftar tempat wisata di Pulau Bintan yang masih alami dan cukup sepi. Anda bisa memanfaatkan tempat wisata untuk menikmati alam dan mencari ketenangan pikiran.

Categories:
Destinasi
You Might Also Like