Destinasi

Menikmati Indahnya Spot Wisata Alam di Pulau Padar, Flores

Menikmati Indahnya Spot Wisata Alam di Pulau Padar, Flores

Pulau Padar di Taman Nasional Komodo merupakan salah satu tempat terindah di Flores, salah satu spot alam terbaik menurut saya. Pulau Padar Flores merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler, baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pesona Pulau Padar memang tidak ada habisnya. Bagi Anda yang suka berwisata, Pulau Padar tentunya menjadi destinasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. Penasaran dengan wisata ke Pulau Padar? Informasi Pulau Padar berikut ini yang perlu Anda ketahui.

Pulau Padar merupakan salah satu pulau yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau yang satu ini merupakan pulau terbesar ketiga di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Pulau Padar ternyata relatif lebih dekat dengan Pulau Rinca dibandingkan dengan Pulau Komodo yang dipisahkan oleh Selat Lintah. Untuk menuju Pulau Padar dari Pink Beach akan memakan waktu sekitar 40 menit dengan menggunakan speedboat. Jika Anda berangkat dari Pelabuhan Labuan Bajo akan memakan waktu sekitar 2-3 jam.

Waktu terbaik berkunjung ke Pulau Padar adalah sekitar pertengahan tahun yaitu Juni-Agustus. Hal ini dikarenakan kondisi cuaca di Pulau Padar masih bagus sehingga sangat mengasyikkan untuk trekking. Jika Anda pergi dari akhir Agustus hingga sekitar awal tahun, cuaca agak tidak bersahabat yang biasanya mendung dan hujan.

Meski berada di kawasan Taman Nasional Komodo, ternyata Pulau Padar Flores tidak dihuni komodo karena ada rantai makanan yang putus. Pulau Padar menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Jika Anda berwisata di pulau ini, dijamin Anda akan terpesona dengan keindahan alamnya. Pulau Padar memiliki kondisi geografis yang sangat indah yang terdiri dari perbukitan yang juga dikelilingi oleh laut. Pemandangan dari atas bukit di Pulau Padar menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke pulau ini. Tak heran jika Pulau Padar juga masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Baca Juga:  27 Tempat Wisata Terbaik di San Antonio, Texas

Pemandangan terbaik pasti ditemukan di puncak bukit Pulau Padar. Dari atas bukit ini Anda bisa menikmati pemandangan di sekitar Pulau Padar seperti panorama pantai yang terbagi menjadi tiga bagian. Dan tentunya pemandangan tersebut menjadi objek foto yang sangat indah. Kamu juga bisa menikmati sunrise dan sunset di puncak bukit ini dan dijamin kamu makin takjub dengan keindahan alam Indonesia. Untuk mencapai puncak bukit di Pulau Padar ini membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit dengan trekking jalur menanjak.

Di tengah tahun, kondisi biota di Pulau Padar biasanya sangat hijau yaitu tanaman dan pepohonan yang masih subur sehingga pemandangan hijau Pulau Padar dan birunya air laut akan menghiasi pengalaman berwisata Anda. Namun sekitar bulan Agustus kondisi biota di Pulau Padar mulai mengering sehingga Anda juga akan disuguhkan dengan warna emas, kuning, dan coklat yang kemudian bertemu dengan warna biru laut dan langit.

Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Pulau Padar sudah mengikuti paket wisata di kawasan Taman Nasional Komodo. Harga paket wisata yang ditawarkan pun berbeda-beda untuk setiap agen perjalanan. Maka dari itu Anda harus pintar-pintar memilih agen perjalanan dalam memberikan harga dan fasilitas yang akan Anda dapatkan. Harga wisata dengan paket wisata umumnya lebih murah jika harus pergi sendiri dari Pelabuhan Labuan Bajo. Biasanya harga paket wisata yang ditawarkan berkisar antara 2 juta rupiah hingga 4 juta rupiah.

Baca Juga:  10 Fakta Menarik Tentang Kremlin Moskow

Jika Anda ingin berwisata ke Pulau Padar, tentunya ada sejumlah tips untuk Anda agar perjalanan berwisata Anda lebih seru dan nyaman. Karena anda akan trekking di Pulau Padar untuk menuju puncak bukit, maka sebaiknya tidak menggunakan sandal jepit. Gunakan sendal gunung atau sepatu karena jalur menuju puncak bukit di Pulau Padar cukup licin dan kemiringannya juga cukup tajam dan ekstrim.

Selain itu, Anda juga harus dalam kondisi prima karena dengan jalur trekking yang menanjak, Anda mudah lelah. Siapkan juga air minum jika ingin istirahat sejenak agar tidak dehidrasi. Bagi Anda yang belum berpengalaman trekking sebaiknya juga menyiapkan tongkat pendakian. Namun jika tidak memilikinya, Anda bisa memanfaatkan ranting pohon untuk membantu Anda menjaga kestabilan tubuh saat melakukan perjalanan naik turun bukit. Kondisi cuaca di Pulau Padar juga sangat terik, matahari seolah langsung menyengat kulit Anda, apalagi jika berangkat di tengah tahun.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa payung, topi, tabir surya, dan sunglasses jika memang diperlukan. Yang terpenting jika anda melakukan wisata ke Pulau Padar adalah selalu mengikuti arahan dari para ranger atau guide karena mereka adalah orang yang sudah paham betul tentang kondisi di Pulau Padar.

Categories:
Destinasi
You Might Also Like